DELICA RAMADHANI
11510766
2PA04
FENOMENA JEJARING SOSIAL
Facebook, Friendster, dan Twitter adalah contoh jejaring sosial yang saat ini sangat populer. Banyak orang yang menggunakan jejaring sosial ini. Sekarang, bukan hanya pejabat tinggi yang menggunakan jejaring sosial ini tapi mahasiswa, para pelajar, pekerja katoran, hingga ibu-ibu rumah tangga menggunakan jejaring sosial ini. Semuanya pasti mempunyai tujuan yang sama yaitu ingin memoerbanyak teman entah itu didunia maya dan bisa saja pertemanan didunia maya bisa menjadi nyata. Menggunakan jejaring sosial ini memang sangat mengasikan untuk diri indivisu karena dengan kita menggunakan jejaring sosial ini kita bisa menghilangkan stres sejenak karena bekomunikasi dengan teman-teman. Tapi disisi lain, sebuah hal pasti akan memiliki dua sisi yang berbeda. Positif dan negatif seperti kepingan logam yang dua sisinya tidak akan pernah berpisah. Yah, hal inilah yang belakangan sering kita jumpai. Jejaring sosial sudah keluar dari kodratnya sebagai sarana menjalin hubungan sosial antar sesama. Karena beberapa hal penyalahgunaan jejaring sosial ini bermunculan dimana. Jejaring sosial sudah digunakan sebagai sarana kejahatan, sarana untuk saling menghujat, sebagai ajang olok-olokan yang terkadang berbau SARA. Masih ingatkah kita tentang isu bahwa pemerintah berencana menutup jejaring sosial Facebook di Indonesia? Karena penyalahgunaan itulah pemerintah merasa perlu untuk bertindak lebih jauh agar penyalahgunaan jejaring sosial ini tidak semakin berlarut-larut. Banyak yang bereaksi dengan rencana pemerintah itu. Termasuk juga para pengguna jejaring sosial yang benar-benar memanfaatkannya sebagai sarana menjalin hubungan sosial. Mereka merasa keberatan jika jejaring sosial yang sudah sedemikian besar manfaatnya harus ditutup. Kita tak akan pernah memungkiri, jejaring sosial hanyalah sebuah alat yang sangat bergantung kepada pemakainya. Tergantung kita akan membawa kemana jejaring sosial tersebut. Tapi alangkah baiknya jika semua berjalan sesuai porsinya. Dan akan jauh lebih baik lagi jika kita lebih bijak menggunakan kemajuan teknologi ini.
Dalam mengelolah jejaring social dibutuhkan konsentrasi dan manajemen yang bagus agar dapat bersaing dengan pesainnya, dalam ilmu manajemen ada istilah 4P yang juga di kenal dengan sebutan Marketing Max. 4P tersebut adalah:
• Product
• Prince
• Place
• Promotion
Product
Dalam jejaring social produk utamanya layanan dan jasa. Layanan dan jasa di jejaring social di implementasisikan dengan adanya tool-tool yang mudah dimengerti dan gampang digunakan oleh para konsumennya.
Oleh sebab itu layanan dan tool yang ada di jejaring social sangat mempengaruhi terhadap pemasaran produk yang kita ciptakan. Karena dinilai dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen dalam tingkat yang berbeda-beda, maka pemilikan atas suatu produk akan dipengaruhi oleh suatu konsep tentang nilai dan kepuasan yang diharapkan. untuk itu pengembangan produk baru adalah hal terpenting dalam pemasaran karena hal itu merupakan upaya dari banyak perusahaan untuk membuat inovasi baru yang nantinya akan mempengaruhi loyalitas konsumen akan suatu produk yang kita ciptakan tersebut.
Kita harus menganalisa kebutuhan konsumen, pasar yang belum tergarap untuk membuat varian baru dalam produk kita. Sehingga dalam pemasarannya timbul pertanyaan, apa yang membedakan produk kita dengan jejaring social lainnya?
Prince
Jika sudah mempunyai produk tinggal kita memikirkan harga. Biasanya dalam jejaring social tidak hanya menawarkan tool dan layanan kepada penggunanya akan tetapi juga bagaimana iklan-iklan harus ada di jejaring social yang kita buat. Nah dalam iklan tersebut kita juga harus pintar-pintar mencari iklan agar perusahaan yang kita kelola tidak gulung tikar alias bangkrut.
Place
Tempat dalam jejaring social sangat penting. Karena mempengaruhi terhadap kecepatan akses. Artinya kita harus memilih selver di luar negeri atau dalam negeri dan tak kala pentingnya berapa kbps atau megabite yang kita pakai.
Kecepatan akses merupakan hal yang sepeleh menurut sebagian orang tapi hal yang sepeleh ini akan berdampak ke yang lebih besar. Maka dari itu jangan sekali-kali kita menyepelehkan tempat dan kecepatan akses.
Promotion
Jika sudah melakukan 3P di atas dengan baik, maka tinggal kita finishing yaitu memikirkan promosinya. Sebab jika tidak di promosikan produk kita, tidak akan di ketahui oleh orang banyak. Banyak cara dalam mempromosikan jejaring social salah satunya dengan iklan di media cetak atau media elektronik.
Mempromosikan jejaring social juga bisa di lakukan dengan kerja sama dengan provider tertentu. Ini sudah di lakukan oleh Facebook, friendster, dan twitter hasilnya ketiga jejaring social tersebut menjadi primadona saat ini di Indonesia.
Kita ambil contoh jika jejaring social yang kita ciptakan tool dan layanan istimewadengan yang lain maka hal itu harus di tonjolkan dalam memformulasikan
promosi.
Semoga dengan adanya jejaring social ini menjadi jembatan tali silaturahim antar individu maupun kelompok dan bermuara kepada melek informasi serta pengetahuan yang organik kata Gramchi.
Referensi
Epicentrum
No comments:
Post a Comment